NAMA : ARDI HENDRAWAN P
NPM : 11211047
KELAS : 3EA27
KELAS : 3EA27
DOSEN : TOMY ADI SUMIARSO ,SE
MATA KULIAH : PERILAKU KONSUMEN
1.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan segmentasi
pasar ?
Jawab : segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi suatu
pasar menjadi kelompok kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan
dan karakteristik atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk
dan bauran pemasaran yang berbeda
2.
Sebutkan 4 peran segmentasi pasar dalam
marketing ?
Jawab :
1)
Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk
kepasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita
2)
Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan
posisi kita di pasar
3)
Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan
strategi marketing kita selanjutnya
4)
Faktor kunci mengalahkan pesaing dalam memandang
pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda
3.
Jelaskan apa yang dimaksud segmentasi pasar
geografis dan demografis ?
Jawab : a. Geografis : Segmen geografis adalah pembagian
pasar menjadi unit unit geografis yang berbeda. misalnya wilayah negara, negara
bagian, propinsi kota dan kepulauan
b.
Demografis : sedangkan segmen demografis adalah membagi pasar kedalam kelompok
kelompok jenis berdasarkan variable demografis, variable demografi adalah
variable paling disuka oleh para pemasar dijadikan dasar segmentasi ,pertama
kebutuhan perilaku dan perilaku pembelian umumnya dipengaruhi oleh variable
demografi.
4.
Jelaskan segmentasi pasar berdasarkan kepuasan ?
Jawab : kepuasan konsumen dapat dibagi menjadi 2 yaitu
kepuasan fungsional yang mendapatkan kepuasan dari pemakaian suatu produk dan
kepuasan psikologikal yaitu kepuasan yang didapat dari pemakaian atribut yang
tidak berwujud seperti munculnya perasaan senang.
5.
Sebutkan beberapa peran seseorang dalam
mempengaruhi keputusan seorang pembeli?
Jawab :
1)
Initiator ( Pemberian gagasan untuk mempengaruhi
pembelian keputusan konsumen)
2)
Influencer ( orang yang berusaha memberikan
dorongan terhadap gagasan yang telah ada)
3)
Decider ( orang yang mengambil keputusan dalam
pembelian)
4)
Purchaser ( orang yang melaksanakan keputusan
pembeli)
5)
User ( pengguna dari barang yang telah dibeli)
6.
Sebutkan dan jelaskan tahap tahap dalam proses
keputusan pembeli ?
Jawab :
1)
Pengenalan masalah (proses pembelian dimulai
saat pembeli mengenali masalah atau kebutuhan yang di picu oleh rangsangan
internal maupun eksternal seperti rasa lapar dan lain lain)
2)
Pencarian informasi ( konsumen yang terangsang
kebutuhannya akan terdorong untuk mencari informasi yang lebih banyak lagi)
3)
Evaluasi alternatif ( konsumen lebih memandang
relevan produk yang beragam dan penting manfaatnya menurut mereka)
4)
Keputusan pembelian( dalam tahap evaluasi, para konsumen
membentuk preferensi atas merek-merek yang ada di dalam kumpulan pilihan.
Faktor sikap orang lain dan situasi yang tidak dapat diantisipasi yang dapat
mengubah niat pembelian termasuk faktor-faktor penghambat pembelian. Dalam
melaksanakan niat pembelian, konsumen dapat membuat lima sub-keputusan
pembelian, yaitu: keputusan merek, keputusan pemasok, keputusan kuantitas,
keputusan waktu dan keputusan metode pembayaran)
5)
Perilaku pasca pembelian (Para pemasar harus memantau
kepuasan pasca pembelian, tindakan pasca pembelian dan pemakaian produk pasca
pembelian, yang tujuan utamanya adalah agar konsumen melakukan pembelian ulang)
7.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengetahuan
pembeli?
Jawab : semua informasi
yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan
lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai
konsumen.
8.
Sebutkan 8 fungsi sikap konsumen ?
Jawab :
1)
Utilitarian function : sikap berfungsi sebagai
penyesuaian sosial dan membantu individu merasa menjadi bagian dari masyarakat.
Contoh : seseorang dapat memperbaiki ekspresi dari sikapnya terhadap suatu
objek tertentu untuk mendapatkan persetujuan atau dukungan.
2)
Knowledge function : sikap membantu individu
untuk memahami dunia, yang membawa keteraturan terhadap bermacam-macam
informasi yang perlu diasimilasikan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap
individu memiliki motif untuk ingin tahu, ingin mengerti, dan ingin banyak
mendapat pengalaman dan pengetahuan.
3)
Value-expressive function : sikap
mengkomunikasikan nilai dan identitas yang dimiliki seseorang terhadap orang
lain.
4)
Ego defensive function : sikap melindungi diri,
menutupi kesalahan, agresi, dsb dalam rangka mempertahankan diri. Sikap ini
mencerminkan kepribadian individu yang bersangkutan dan masalah–masalah yang belum
mendapatkan penyelesaian secara tuntas sehingga individu berusaha
mempertahankan dirinya secara tidak wajar karena ia merasa takut kehilangan
statusnya (Brigham, 1991).
9.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan sumber daya
temporal dan sementara ?
Jawab :
a)
Sumber daya temporal (Salah satu variabel yang
paling individual dari perilaku manusia berhubungan dengan bagaimana orang
menggunakan anggaran waktu mereka. Kebanyakan dihabiskan untuk bekerja, tidur,
dan kegiatan wajib lain. Namun, suatu bagian dihabiskan untuk kegiatan yang
sangat pribadi yang disebut waktu senggang (leisure), yang mencerminkan baik
keperibadian maupun preferensi gaya hidup.)
b)
Sumber daya kognitif (Sumber daya kognitif
menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan berbagai
kegiatan pengolahan informasi. Kapasitas adalah sumber daya yang terbatas.
Dapat mengelola hanya sejumlah tertentu informasi pada satu waktu. Ukuran
kapasitas kerap digambarkan istilah keratan (chunk), yang mewakili suatu unit.
Alokasi kapasitas kognitif dikenal sebagai perhatian (attention). Perhatian
terdiri dari dua dimensi: arahan (direction)intensitas. Arahan menggambarkan
fokus perhatian. Karena konsumen tidak dapat mengolah semua stimulus internal
dan eksternal yang tersedia pada saat tertentu, mereka harus selektif dalam
cara mereka mengalokasikan sumber daya yang terbatas ini. Beberapa stimulus
akan mendapat perhatian, yang lain akan diabaikan)
10.
Jelaskan pengertian perilaku konsumen menurut
john c mawen michael minor dan engel, blackwell, dan miniard?
Jawab :
a)
John c mawen dan michael minor : studi tentang
unit pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan,
konsumsi berbagai produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.
b)
Engel, blackwell dan miniard : tindakan yang
langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan
jasa termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
11.
Sebutkan
dan jelaskan faktor faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ?
Jawab :
1. Faktor Sosial
· Grup
Sikap dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh banyak
grup-grup kecil. Kelompok dimana orang tersebut berada yang mempunyai pengaruh
langsung disebut membership group. Membership group terdiri dari dua, meliputi
primary groups (keluarga, teman, tetangga, dan rekan kerja) dan secondary
groups yang lebih formal dan memiliki interaksi rutin yang sedikit (kelompok
keagamaan, perkumpulan profesional dan serikat dagang). (Kotler, Bowen, Makens,
2003, pp. 203-204).
Contoh Kasus :
Seorang
wanita yang berkumpul dengan teman-temannya, ketika teman-temannya sedang
membicarakan produk fashion merk ZARA lebih baik dari merk GUCCI maka ia akan
lebih memilih merk ZARA dibandingkan merk GUCCI. Hal ini dii sebabkan pengaruh
dari primary groups yaitu teman-temannya.
· Pengaruh
Keluarga
Keluarga memberikan pengaruh yang besar dalam perilaku
pembelian. Para pelaku pasar telah memeriksa peran dan pengaruh suami, istri,
dan anak dalam pembelian produk dan servis yang berbeda. Anak-anak sebagai
contoh, memberikan pengaruh yang besar dalam keputusan yang melibatkan restoran
fast food. (Kotler, Bowen, Makens, 2003, p.204).
Contoh Kasus :
Ketika
satu keluarga yang terdiri dari suami,istri dan anak berjala-jalan di sebuat
pusat perbelanjaan. Biasanya sang anak lah yang akan memberikan pengaruh
terhadap restoran mana yang akan menjadi tempat ia dan keluarganya makan. Hal
ini membuktikan bahwa keluarga mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap
perilaku konsumen terhadap pembelian.
2. Faktor Personal
· Situasi
Ekonomi
Keadaan ekonomi seseorang akan mempengaruhi pilihan produk,
contohnya rolex diposisikan konsumen kelas atas sedangkan timex dimaksudkan
untuk konsumen menengah. Situasi ekonomi seseorang amat sangat mempengaruhi
pemilihan produk dan keputusan pembelian pada suatu produk tertentu (Kotler,
Amstrong, 2006, p.137).
Contoh Kasus :
Andi
yang seorang direktur dan Dion yang seorang karyawan biasa akan berbeda dalam pemilihan produk dan
keputusan pada suatu produk tertentu. Karna mereka mempunyai situasi ekonomi
yang berbeda.
· Gaya Hidup
Pola kehidupan seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas,
ketertarikan, dan opini orang tersebut. Orang-orang yang datang dari
kebudayaan, kelas sosial, dan pekerjaan yang sama mungkin saja mempunyai gaya
hidup yang berbeda (Kotler, Amstrong, 2006, p.138)
Contoh Kasus :
Dua
orang yang mempunyai jabatan sama dalam pekerjaannya belom tentu mempunyai gaya
hidup yang sama. Tn X dan Tn Y mempunyai pekerjaan yang sama yaitu sebagai OB
di salah satu perusahaan. Walaupun mereka mempunya pekerjaan yang sama tetapi
gaya hidup mereka tidak sama. Tn X lebih simple dan lebih bersikap hemat
terhadap pendapatannya berbeda dengan Tn Y yang lebih boros menggunakan
pendapatannya untuk hal yang tidak terlalu penting.
· Umur dan
Siklus Hidup
Orang-orang merubah barang dan jasa yang dibeli seiring
dengan siklus kehidupannya. Rasa makanan, baju-baju, perabot, dan rekreasi
seringkali berhubungan dengan umur, membeli juga dibentuk oleh family life
cycle. Faktor-faktor penting yang berhubungan dengan umur sering diperhatikan
oleh para pelaku pasar. Ini mungkin dikarenakan oleh perbedaan yang besar dalam
umur antara orang-orang yang menentukan strategi marketing dan orang-orang yang
membeli produk atau servis. (Kotler, Bowen, Makens, 2003, pp.205-206)
Contoh Kasus :
Faktor umur memang merupakan faktor yang cukup penting.
Dalam sebuah kasus, Seorang lansia tidak akan membeli susu formula untuk
anak-anak dan anak-anak tidak akan membeli popok yang digunakan untuk orang
orang lanjut usia.
· Pekerjaan
Pekerjaan seseorang mempengaruhi barang dan jasa yang dibeli
(Kotler, Bowen,Makens, 2003, p. 207).
Contoh Kasus :
Pekerja konstruksi sering membeli makan siang dari catering
yang datang ke tempat kerja. Bisnis eksekutif, membeli makan siang dari full
service restoran, sedangkan pekerja kantor membawa makan siangnya dari rumah
atau membeli dari restoran cepat saji terdekat
3. Faktor
Psikologi
· Motivasi
Kebutuhan yang mendesak untuk mengarahkan seseorang untuk
mencari kepuasan dari kebutuhan. Berdasarkan teori Maslow, seseorang
dikendalikan oleh suatu kebutuhan pada suatu waktu. Kebutuhan manusia diatur
menurut sebuah hierarki, dari yang paling mendesak sampai paling tidak mendesak
(kebutuhan psikologikal, keamanan, sosial, harga diri, pengaktualisasian diri).
Ketika kebutuhan yang paling mendesak itu sudah terpuaskan, kebutuhan tersebut
berhenti menjadi motivator, dan orang tersebut akan kemudian mencoba untuk
memuaskan kebutuhan paling penting berikutnya (Kotler, Bowen, Makens, 2003,
p.214).
Contoh Kasus :
Ny. M
yang seorang artis terkenal membutuhkan keamanan yang ekstra untuk menjaga
dirinya, dalam hal ini keamanan merupakan motivator dalam dirinya yang
mendesak. Ketika dia mempunyai seorang bodyguard yang siap menjaganya maka
kebutuhan keamanan tersebut tidak lagi menjadi
motivator. Selanjutnya NY.M akan
mencoba untuk memuaskan kebutuhan paling penting selanjutnya.
· Attitudes
Attitudes adalah evaluasi, perasaan suka atau tidak suka,
dan kecenderungan yang relatif konsisten dari seseorang pada sebuah obyek atau
ide (Kotler, Amstrong, 2006, p.145).
Contoh Kasus :
Seseorang yang tidak menyukai buah durian tidak akan membeli
durian dan biasanya dia akan tetap konsisten sekalipun ia melihat sedang diskon 50% di pasar swalayan.
· Beliefs
Beliefs adalah pemikiran deskriptif bahwa seseorang
mempercayai sesuatu. Beliefs dapat didasarkan pada pengetahuan asli, opini, dan
iman (Kotler, Amstrong, 2006, p.144).
Contoh Kasus :
Ketika
seseorang mempunyai kepercayaan yang tinggi misalnya terhadap agamanya. Ny. X
seorang muslimah yang taat akan sering membeli kerudung atau jilbab untuk
menutupi rambutnya karna seorang muslimah sudah seharusnya seperti itu.
4. Faktor
Kebudayaan
Nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan, dan perilaku yang
dipelajari seseorang melalui keluarga dan lembaga penting lainnya (Kotler,
Amstrong, 2006, p.129). Penentu paling dasar dari keinginan dan perilaku
seseorang. Culture, mengkompromikan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan, dan
perilaku yang dipelajari seseorang secara terus-menerus dalam sebuah
lingkungan. (Kotler, Bowen, Makens, 2003, pp.201-202).
· Kelas Sosial
Pengelompokkan individu berdasarkan kesamaan nilai, minat,
dan perilaku. Kelompok sosial tidak hanya ditentukan oleh satu faktor saja
misalnya pendapatan, tetapi ditentukan juga oleh pekerjaan, pendidikan,
kekayaan, dan lainnya (Kotler, Amstrong, 2006, p.132)
Contoh Kasus :
Tn. F yang seorang milioner akan
membeli suatu produk yang harganya mahal, sama seperti seorang direktur utama
biasanya juga akan membeli suatu produk yang harganya mahal. Hal itu menunjukan
bahwa kelas sosial sangan mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan
pembelian
12.
Sebutkan 5 tinggi rendahnya status seseorang
menurut talcott person ?
Jawab :
a)
Kriteria kelahiran: meliputi faktor ras, jenis
kelamin, kebangsawanan, dan sebagainya.
b)
Kriteria kualitas pribadi : meliputi kebijakan,
kearifan, kesalehan, kecerdasan, usia dan sebagainya.
c)
Kriteria prestasi : meliputi kesuksesan usaha,
pangkat dalam pekerjaan, prestasi belajar, prestasi kerja, dan sebagainya.
d)
Kriteria pemilikan: meliputi kekayaan akan uang
dan harta benda.
e)
Kriteria otoritas : yaitu kemampuan untuk
mempengaruhi pihak lain sehingga pihak lain tersebut bertindak seperti yang
diinginkan.
13.
Jelaskan pengukuran kelas sosial menurut
aristoteles dan karl max ?
Jawab :
Aristoteles
a)
Golongan
pertama : merupakan kelompok terkecil dalam masyarakat. Mereka terdiri dari
pengusaha, tuan tanah dan bangsawan.
b)
Golongan kedua : merupakan golongan yang cukup
banyak terdapat di dalam masyarakat. Mereka terdiri dari para pedagang, dsbnya.
c)
Golongan ketiga : merupakan golongan terbanyak
dalam masyarakat. Mereka kebanyakan rakyat biasa.
Karl max
a)
Golongan kapitalis
atau borjuis : adalah mereka yang menguasai tanah dan alat produksi.
b)
Golongan menengah :
terdiri dari para pegawai pemerintah.
c)
Golongan proletar
: adalah mereka yang tidak memiliki tanah dan alat produksi. Termasuk
didalamnya adalah kaum buruh atau pekerja pabrik.
14.
Jelaskan pembagian kelas sosial berdasarkan
status sosial berikan satu contohnya?
Jawab :
berdasarkan kepemilikan harta, pada
umumnya masyarakat dapat dibedakan menjadi 3 kelas, yaitu:
1)
Kelas Atas
Terdiri dari kelompok orang-orang
kaya yang dengan leluasa dapat memenuhi
kebutuhan hidupnya, bahkan secara berlebihan.
2)
Kelas Menengah
Terdiri dari kelompok orang-orang yang
berkecukupan, yang sudah dapat memenuhi kebutuhan pokok (primer).
3)
Kelas Bawah
Terdiri dari kelompok orang-orang miskin
yang masih belum dapat memenuhi kebutuhan pokok (primer).
Contoh : Para pekerja dengan para
pengusaha
15.
Jelaskan apa yang
dimaksud pengaruh individu terhadap perilaku konsumen ?
Jawab : tenaga pendorong dalam diri
individu yang memaksa mereka untuk bertindak . tenaga pendorong tersebut
dihasilkan oleh keadaan tertekan, yang timbul sebagai akibat kebutuhan yang
tidak terpenuhi. Individu secara sadar maupun tanpa sadar berjuang mengurangi
melalui prilaku yang mereka harapankan akan memenuhi kebutuhan mereka dan
demikian akan membebaskan mereka dari tekanan yang mereka rasakan.
16.
Sebutkan dan
jelaskan 5 peranan dalam pengambilan keputusan konsumsi keluarga?
Jawab :
1)
Penjaga pintu
(gatekeeper). Inisiator pemikiran keluarga mengenai pembelian produk dan
pengumpulan informasi untuk membantu pengambilan keputusan
2)
Pemberi pengaruh
(influencer). Individu yang opininya dicari sehubungan dengan kriteria yang
harus digunakan oleh keluarga dalam pembelian dan produk atau merek mana yang
paling mungkin cocok dengan kriteria evaluasi itu
3)
Pengambil keputusan
(decider). Orang dengan wewenang dan / atau kekuasaan keuangan untuk memilih
bagaimana uang keluarga akan dibelanjakan dan produk atau merek mana yang yang
akan dipilih.
4)
Pembeli (buyer).
Orang yang bertindak sebagai agen pembelian: yang mengunjungi toko, menghubungi
penyuplai, menulis cek, membawa produk kerumah, dan seterusnya.
5)
Pemakai (user).
Orang yang menggunakan produk
17.
Sebutkan 3 faktor
situasi konsumen?
Jawab :
1)
Situasi Komunikasi
2)
Situasi Pembelian
3)
Situasi Pemakaian
18.
Jelaskan pengertian
konsumen menurut philip kotler?
Jawab : semua individu dan rumah tangga
yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi pribadi.
19.
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan sikap, motivasi dan konsep ?
Jawab : konsep diri adalah semua ide,
pikiran, kepercayaan dan pendirian yang diketahui individu tentang dirinya dan
mempengaruhi individu dalam berhubungan dengan orang lain. Hal ini termasuk persepsi individu akan sifat dan
kemampuannya, interaksi dengan orang lain dan lingkungan, nilai-nilai yang
berkaitan dengan pengalaman dan objek, tujuan serta keinginannya
Motivasi konsumen yang dilakukan oleh
produsen sangat erat sekali berhubungan dengan kepuasaan konsumen. Untuk itu
perusahaan selalu berusaha untuk membangun kepuasan konsumen dengan berbagai
kebutuhan dan tujuan dalam konteks perilaku konsumen dengan berbagai kebutuhan
dan tujuan dalam konteks perilaku konsumen mempunyai peranan penting karena
motivasi timbul karena adanya kebutuhan yang belum terpenuhi dan tujuan yang
ingin dicapai. Kebutuhan menunjukkan kekurangan yang dialami seseorang pada
suatu waktu tertentu. Kebutuhan di pandang sebagai penggerak atau pembangkit
perilaku. Artinya jika kebutuhan akibat kekurangan itu muncul, maka individu
lebih peka terhadap usaha motivasi para konsumen.
Sikap dalam kamus marketing (1995) juga
didefinisikan sebagai kondisi mental atau akal budi tertentu yang mencerminkan
suatu pandangan pribadi yang negative atau positif mengenai suatu obyek atau
konsep atau suatu keadaan acuh tak acuh yang menunjukan titik tengah (mid
point) diantara dua titik ataupun dua pokok yang saling berlawanan
20.
Jelaskan apa yang
dimaksud pengaruh kebudayaan terhadap perilaku konsumen?
Jawab :
Budaya mengacu pada seperangkat nilai,
gagasan, artefak dan simbol yang mempunyai makna, yang membantu individu
berkomunikasi, memberikan tafsiran serta melakukan evaluasi. Budaya tidak hanya
bersifat naluriah saja, namun budaya memberikan dampak pada perilaku yang dapat
diterima didalam masyarakat. Beberapa sikap dan perilaku yang dipengaruhi
budaya, meliputi : (James Engel,2002 :70).
a.
Rasa dan ruang
b.
Komunikasi dan
bahasa
c.
Pakaian, penampilan
d.
Makanan dan
kebiasaan makan
e.
Waktu
f.
Hubungan (keluarga,
organisasi, pemerintah, dsbnya)
g.
Nilai dan norma
h.
Kepercayaan dan
sikap
i.
Proses mental dan
pembelajaran
j.
Kebiasaan kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar